PROGRAM STUDI MANAJEMEN DAKWAH UNDANG PAKAR UNTUK SEMPURNAKAN KURIKULUM

Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau telah menyelenggarakan Review Kurikulum Prodi Manajemen Dakwah pada Senin 14 Agustus 2023. Kegiatan ini dilakukan secara daring dan Luring bertempat di Aula lantai 2.

Acara ini menghadirkan pakar akademisi dan praktisi. Yaitu, Ketua Program Studi Manajemen Dakwah Universitas Islam Negeri Fatmawati Bengkulu , Ihsan Rahmad, M.P.A ., Candra Darmawan, M.Hum., Ketua Program Studi Manajemen Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang., Rektor Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau, Dr. Sumaryati, M.Pd.,

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Agus Salim, M.Pd.I., dalam sambutannya menyampaikan terkait perkembangan Prodi Manajemen Dakwah secara umum.“Prodi Manajemen Dakwah dengan bentuk kurikulum yang sudah berjalan saat ini, mampu menarik minat sejumlah mahasiswa dari berbagai daerah, dan kita mengharapkan masukan dan gagasan dari narasumber untuk penyempurnaan” kata beliau

Dr. Sumaryati, M.Pd Selaku Rektor Institut Agama Isam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau dalam sambutannya “Kegiatan ini sangat penting untuk diikuti dari berbagai praktisi dan juga para stakeholder. Beliau juga menegaskan bahwa kegiatan ini salah satunya untuk melihat keunikan, kekuatan, dan kelemahan yang dimiliki oleh prodi Manajemen Dakwah. Selain itu kegiatan ini sebagai upaya untuk mengkonstruksi keilmuan prodi manajemen dakwah sekaligus sebagai bahan diskusi untuk memberikan masukan-masukan yang sangat berharga bagi pengembangan prodi Manajemen Dakwah.

Ketua Program Studi Manajemen Dakwah Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu Ihsan Rahmad, M.PA. yang juga sebagai riviewer pertama pada kegiatan ini menyampaikan bahwa dakwah itu tidak hanya bersifat teknis un sich, akan tetapi dakwah bisa dalam wujud Dakwah Makro dan Dakwah Mikro. Dalam pemaparannya beliau juga menjelaskan dalam teori ada tiga jenis dakwah, pertama Dakwah Bil-lisan itu diwujudkan dalam bentuk bimbingan, kedua dakwah bil-qalam diwujudkan dalam bentuk Jurnalistik Islam dan ketiga dakwah bil-hal diwujudkan dengan Pengembangan Masyarakat Islam. Dari ketiga bentuk dakwah tersebut, posisi Manajemen Dakwah sebagai yang mengelola ketiga jenis dakwah tersebut agar berjalan dengan efektif dan efisien. Selanjutnya materi yang disampaikan oleh Candra Darmawan, M.Hum juga tak kalah serunya. Dalam penyampaian materi beliau memaparkan bahwa mahasiswa saat ini dituntut untuk lebih aware terhadap perkembangan permasalahan yang semakin kompleks para mahasiswa bisa belajar dari dunia luar, menggali informasi dan skill dari sudut pandang yang luas dan berbeda.

Selain kedua riviewer di atas, kegiatan ini juga mendatangkan 8 alumni Prodi Manajemen Dakwah yang sudah bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) kementerian Agama Kabupaten Musi Rawas dan Musi Rawas Utara dari almamater tercintanya. Mewakili alumni Mustofa, S.Sos.,  Ia menyampaikan prodi Manajemen Dakwah memiliki SDM yang sangat bagus, sehingga dalam analisanya Prodi Manajemen Dakwah sangat mampu untuk mengembangkan diri dengan kinerja yang baik. Hanya saja kemampuan SDM tersebut tidak diiringi dengan ketidakpercayaan diri. Para peserta menaruh harapan besar dari kegiatan ini, mudah-mudahan kegiatan ini menjadi Langkah konkret menjawab tantangan di dalam merespon dunia kerja lulusan Prodi Manajemen Dakwah di masa yang akan datang.

Sementara itu, para narasumber menyepakati pada sebuah kesimpulan bahwa Prodi Manajemen Dakwah merupakan pilihan tepat sebagai jembatan menuju lapangan kerja dan dunia karir, karena lulusan dari Prodi Manajemen Dakwah dapat berkarir pada semua bidang, pemerintahan, pendidikan, perusahaan dan wiraswasta.

Sebagai tambahan informasi, kegiatan ini dihadiri oleh dosen-dosen Prodi MD, H. Agus Mukmin, L.C. M.Hum., Depi Putri, S.Sos.I., M.S.I., Elce Purwandari, M.Pd., Purna Irawan, M.M., Pengguna Lulusan/Alumni Kampus STAI Miftahul ‘Ulum Muko-Muko dan seluruh mahasiswa Prodi Manajemen Dakwah. Kontributor: Bramana, M.Pd., Kons

Ayo Semangat!  Institut Agama Islam (IAI) Al Azhaar Lubuklinggau Menuju Universitas Islam Nusantara (UIN) Al Azhaar Lubuklinggau  (Tim HUMAS)

2 Comments

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *